Apa itu Linux?

poster_gnu_linuxMeskipun agak telat, tapi gak papa dech. Linux sama dengan sistem operasi dan erat kaitannya dengan GNU, lha GNU dan sistem operasi itu apa? lha kok sampeyan hari gini masih gak kenal sama sistem operasi, oke mari belajar bersama. Sistem Operasi atau disingkat OS adalah  perangkat lunak sistem atau software yang mengatur dan mengendalikan perangkat keras atau hardware dan memberikan kemudahan penggunaan komputer ke pemakai. OS ini mengontrol penyimpanan data, input, output dari suatu perangkat ke perangkat lainnya. sumber (http://www.total.or.id) dan sekarang apa itu GNU? GNU/Hurd merupakan sistem operasi impian dari Richard Stallman, pendiri Free Software Foundation, yang menghasilkan banyak peranti lunak yang menggunakan nama GNU. Stallman menginginkan adanya sistem operasi komplit yang bebas (free). Dia memulai dengan berbagai tools dahulu, seperti penyunting (editor) emacs, C compiler gcc, dan seterusnya (http://ilmukomputer.org), udah paham atau malah tambah gak ngerti, he..he….

Linux pada awalnya merupakan proyek program bebas atau freeware yang terkenal diketuai oleh Richard Stallman. Proyek GNU diawali pada tahun 1983 untuk membuat sistem operasi seperti Unix lengkap kompiler, utiliti aplikasi, utiliti pembuatan dan seterusnya diciptakan sepenuhnya dengan perangkat lunak bebas. Pada tahun 1991, pada saat versi pertama kerangka linux ditulis, proyek GNU telah menghasilkan hampir semua komponen sistem ini kecual kernel.

Torvalds dan pembuat kernel seperti Linux menyesuaikan kernel mereka supaya dapat berfungsi dengan komponen GNU, dan seterusnya mengeluarkan Sistem operasi yang cukup berfungsi. Oleh karena itu, Linux melengkapi ruang terakhir dalam rancangan GNU. Operasi sistem ini yang pada mulanya di kembangkan oleh Linus Torvalds dan masih dikembangkan terus hingga sekarang oleh banyak sukarelawan dan developer di seluruh dunia. Linux terkenal dengan sebuah sistem yang multiuser, multitasking dengan tools kompatibel UNIX yang lengkap. Sistem file-nya mengikuti semantic UNIX tradisional dan mengimplementasikan secara penuh standar model network (www.indowebster.web.id)

Macam distro Linux

Fedora

fedora-logoFedora adalah distribusi Linux yang dibuat oleh fedora project dan sponsori oleh RedHat. Fedora yang dulu lebih dikenal dengan Fedora Core adalah salah satu distribusi Linux yang mengedepankan kebebasan dan seluruhnya terdiri dari aplikasi serta perangkat lunak yang bersifat bebas (free as speech). Melalui semboyannya yang terkenal “freedom”, “infinity”  and “voices”, Fedora dibuat melalui kontribusi berbagai pengembang perangkat lunak dari seluruh dunia sebagai distribusi yang terdepan dalam penerapan teknologi terkini. Sebagai pembuat distribusi Linux terdepan dalam teknologi fedoraproject akan tetap selalu merilis Fedora sebagai distibusi yang bebas setidaknya dua atau tiga kali dalam setahun dan dapat diperoleh di http://fedoraproject.org.

Open SUSE

suse-logo-greenOpenSUSE adalah distro Linux versi komunitas yang didukung dan disponsori oleh Novell. OpenSUSE merupakan distro Linuxopen source dan gratis yang menjadi dasar pengembangan bagi distro Linux komersil yang disediakan oleh Novell, salah satu keunggulan distro ini adalah kelengkapan pustaka dan berlimpahnya software yang disertakan (http://opensuse.or.id/).

Ubuntu

ubuntu-logo-300x274Ubuntu adalah salah satu distribusi linux yang berbasiskan pada Debian dan memiliki interface dekstop. Proyek ubuntu disponsori oleh Canonical Ltd. Jadi ubuntu merupakan system operasi lengkap berbasis linux, tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas ataupun tenaga ahli profesional

Debian

logo_debian_148Debian adalah sistem operasi yang berbasis kernel Linux. Debian termasuk salah satu sistem operasi Linux yang bebas untuk dipergunakan dengan menggunakan lisensi GNU. Debian adalah ‘kernel independen’, yaitu sistem operasi Debian dikembangkan murni tanpa mendasarkan pada sistem operasi yang telah ada. (http://id.wikipedia.org)

BlankOn

blankonBlankOn Linux adalah distro Linux yang dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) dan Komunitas Ubuntu Indonesia demi menghasilkan distro Linux yang sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer umum di Indonesia. Nich Distro linux asli dikembangkan oleh anak negeri ini. Dengan menghadirkan filosofi, kemudahan, dan kehandalan yang ditawarkan Ubuntu Linux sebagai distribusi aslinya, BlankOn Linux dikembangkan secara terbuka dan bersama-sama untuk menghasilkan distro Linux khas Indonesia, khususnya untuk dunia pendidikan, perkantoran dan pemerintahan. http://blankonlinux.or.id/

Dan banyak lagi,  Info selengkapnya teman2 bisa kunjungi

http://www.gudanglinux.com

tusnet.tk

Mengapa masyarakat Indonesia masih enggan menggunakan Linux?

0 Responses to “Apa itu Linux?”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Anda Pengunjung ya Ke…

Calender

December 2008
M T W T F S S
    Jan »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Kategory

Admin


%d bloggers like this: